Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Kompetensi Absolut Dan Relatif

Pengertian kompetensi absolut dan relatif

Pengertian kompetensi absolut dan relatif

Kompetensi relatif berhubungan dengan kewenangan pengadilan untuk mengadili suatu perkara sesuai dengan wilayah hukumnya. Sedangkan kompetensi absolut adalah kewenangan pengadilan untuk mengadili suatu perkara menurut obyek, materi atau pokok sengketa.

Apa yg dimaksud dengan kompetensi absolut?

Kompetensi absolut adalah wewenang badan pengadilan dalam memeriksa jenis perkara tertentu yang secara mutlak tidak dapat diperiksa oleh badan pengadilan lain. Hal ini diatur oleh Undang-Undang atau peraturan yang mengaturnya.

Apa yang dimaksud dengan kompetensi absolut dan contohnya?

Pada dasarnya Kompentesi Absolut dapat kita artikan sebagai suatu kewenangan pengadilan mengadili suatu perkara atau sengketa yang dimana hal tersebut didasarkan kepada objek. Sebagai salah satu contoh ialah pengajuan gugatan oleh seorang Penggugat ke suatu Pengadilan Negeri, yang dimana sebelumnya dalam perjanjian

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kewenangan relatif?

Kewenangan relatif berarti kewenangan pengadilan negeri tertentu berdasarkan yuridiksi wilayahnya.

Apa saja kewenangan absolut Peradilan Agama?

Kewenangan Absolut Pengadilan Agama

  • Ijin beristeri lebih dari seorang;
  • Ijin melangsungkan perkawinan bagi orang yang belum berusia 21 tahun dalam hal orang tua, wali, atau keluarga dalam garis lurus ada perbedaan pendapat;
  • Dispensasi kawin;
  • Pencegahan perkawinan;
  • Penolakan perkawinan oleh Pegawai Pencatat Nikah;

Kapan eksepsi kompetensi absolut dapat diajukan?

Untuk eksepsi kompetensi (kewenangan) absolute dapat diajukan setiap saat dalam pemeriksaan perkara itu dan hakim karena jabatannya secara ex officio harus pula menyatakan bahwa tidak berwenang mengadili perkara tersebut.

Apa kewenangan * absolut * pa menurut UU?

Kesimpulannya, kompetensi absolut Pengadilan Agama adalah memeriksa, memutus, dan menyelesaikan suatu perkara antara orang-orang yang beragama Islam pada tingkat pertama. Ada pun objek perkara diatur secara limitatif dalam UU Peradilan Agama.

Apa kewenangan relatif Pengadilan Agama?

Kompetensi relatif Pengadilan Agama dalam artian sederhananya adalah kewenangan Pengadilan Agama yang satu tingkat atau satu jenis berdasarkan wilayah.

Apa yang dimaksud dengan kompetensi relatif peradilan dalam memeriksa perkara yang diajukan kepadanya?

Kompetensi relatif diartikan kewenangan pengadilan untuk menangani/mengadili suatu sengketa/perkara didasarkan pada tempat/lokasi/domisili para pihak yang bersengketa atau didasarkan pada dimana objek yang disengketakan berada.

Jelaskan apa saja jenis kompetensi dari peradilan?

Kewenangan atau kompetensi badan-badan peradilan berdasarkan pada doktrin di Indonesia dibedakan menjadi 2 macam yaitu : Kewenangan mengadili secara absolut (Atribusi kekuasaan). Kewenangan mengadili secara relatif (Distribusi kekuasaan).

Apa perbedaan permohonan dan gugatan?

Dalam gugatan ada suatu sengketa atau konflik yang harus diselesaikan dan diputus oleh Pengadilan. Sedangkan dalam permohonan tidak ada sengketa, hakim mengeluarkan suatu penetapan atau lazimnya yang disebut dengan putusan declatoir yaitu putusan yang bersifat menetapkan.

Apa yang dimaksud dengan PN?

Pengadilan Negeri (biasa disingkat: PN) merupakan sebuah lembaga peradilan di lingkungan Peradilan Umum yang berkedudukan di ibu kota kabupaten atau kota.

Eksepsi terdiri dari apa saja?

Eksepsi dibagi menjadi 3 (tiga) jenis yaitu Eksepsi Prosesual, Eksepsi Prosesual di Luar Kompetensi dan Eksepsi Hukum Materil.

Apa tujuan eksepsi?

Eksepsi merupakan bagian dari jawaban Tergugat terhadap gugatan yang diajukan oleh Penggugat . Eksepsi pada pokoknya membuat bantahan – bantahan tertentu adalah suatu tangkisan atau sanggahan yang tidak berkaitan langsung pokok perkara. Eksepsi pada dasarnya mempersoalkan keabsahan formal dari gugatan Penggugat.

Apa dasar hukum eksepsi?

Secara hukum, eksepsi atau keberatan adalah merupakan hak dari terdakwa untuk menjawab surat dakwaan dan dasar hukumnya diatur dalam Pasal 156 ayat (1) KUHAP yang menentukan: “5alam hal terdakwa atau penasehat hukum mengaajukan keberatan bahwa pengadilan tidak berwenang mengadili perkaranya atau dakwaan tidak dapat

Kompetensi Pengadilan Agama terdapat dalam pasal berapa dan Undang-Undang nomor berapa?

Pasal 49 s/d 53 UU No. 7 Tahun 1989: “Pengadilan Agama bertugas dan berwenang memeriksa, memutuskan dan menyelesaikan perkara-perkara di tingkat pertama antara orang-orang yang beragama Islam di bidang perkawinan, kewarisan, wasiat dan hibah yang dilakukan berdasarkan hukum Islam serta wakaf dan sadakah.

Jika tergugat tidak mengajukan eksepsi apakah hakim tetap harus memeriksa terkait kompetensi absolut suatu perkara yang diajukan kepadanya?

Kewenangan/Kompetensi Absolut Terhadap kewenangan absolut, walaupun Tergugat tidak mengajukan eksepsi kewenangan absolut atas perkara yang diajukan ke suatu badan pengadilan, maka majelis hakim tetap harus memeriksa terkait kewenangan absolutnya untuk memeriksa, mengadili, dan memutus perkara yang diajukan kepadanya.

Apa itu hir dalam hukum?

Intisari: HIR adalah singkatan dari Herzien Inlandsch Reglement yang sering diterjemahkan menjadi Reglemen Indonesia Yang Diperbaharui, yaitu hukum acara dalam persidangan perkara perdata maupun pidana yang berlaku di pulau Jawa dan Madura.

Apakah hakim boleh menolak perkara yang datang?

Berdasarkan Pasal 20 AB “Hakim harus mengadili berdasarkan Undang-Undang” dan Pasal 22 AB + Pasal 14 Undang-undang No. 14 tahun 1970 mewajibkan “Hakim untuk tidak menolak mengadili perkara yang diajukan kepadanya dengan alasan tidak lengkap atau tidak jelas Undang-undang yang mengaturnya melainkan wajib mengadilinya”.

Apa yang dimaksud dengan replik dan duplik?

Replik ini berasal dari 2 kata yakni re (kembali) dan pliek (menjawab), jadi dapat kita simpulkan bahwa replik berarti kembali menjawab. Duplik yaitu adalah jawaban tergugat terhadap suatu replik yang diajukan oleh penggugat.

15 Pengertian kompetensi absolut dan relatif Images

Dan and Wendy are the absolute definition of couple goals Lip Art

Dan and Wendy are the absolute definition of couple goals Lip Art

Dan and Wendy are the absolute definition of couple goals But it wasn

Dan and Wendy are the absolute definition of couple goals But it wasn

Absolut Vodka

Absolut Vodka

an advertisement for absolut fresh is displayed on a glass bottle with

an advertisement for absolut fresh is displayed on a glass bottle with

MIKEOB  ABSOLUT   watch face for Apple Watch Samsung Gear S3

MIKEOB ABSOLUT watch face for Apple Watch Samsung Gear S3

Pin on Alicia

Pin on Alicia

Dan Mora on Twitter  Dc comics artwork Dc comics art Batman and superman

Dan Mora on Twitter Dc comics artwork Dc comics art Batman and superman

Pin von Kira auf Starke frauen  Sprche zitate Sprche Groartige zitate

Pin von Kira auf Starke frauen Sprche zitate Sprche Groartige zitate

Prince And Princess Princess Zelda Absolute Duo Film China Till The

Prince And Princess Princess Zelda Absolute Duo Film China Till The

Koenigsegg CC850 vs Jesko vs Jesko Absolut Exhaust Sound Comparison

Koenigsegg CC850 vs Jesko vs Jesko Absolut Exhaust Sound Comparison

Pin on Absolut vodka reklama

Pin on Absolut vodka reklama

Absolut Vodka Packaging Cool Packaging Bottle Packaging Packaging

Absolut Vodka Packaging Cool Packaging Bottle Packaging Packaging

This is the absolute worst way to teach your kids to read  Teaching

This is the absolute worst way to teach your kids to read Teaching

Whey Mix Protein Pote Sabor Chocolate Belga 900Gr Absolut Nutrition

Whey Mix Protein Pote Sabor Chocolate Belga 900Gr Absolut Nutrition

Post a Comment for "Pengertian Kompetensi Absolut Dan Relatif"